Arti Kata Baper Menurut Bahasa Gaul Anak Jaman Sekarang

Arti BaperApa arti kata baper?. Baper adalah sebuah singkatan dari kata “Bawa Perasaan”. Jadi kamu gak usah bingung tentang apa itu Baper. Atau mungkin bagi para ayah bunda yang pengin tau sebenarnya arti baper menurut bahasa gaul yang sering diucapkan  anak jaman sekarang khususnya hal yang berhubungan dengan kisah cinta atau percintaan anak muda tuh maksudnya apa to? Untuk arti kata gaul lainnya bisa buka kategori artikel arti kata gaul dan menurut KBBI di Wahyukode.com.

Yah, memang sesuai dengan kepanjangan baper yaitu “Bawa Perasaan”. Tentunya apa yang ada di pikiran kita akan terbayang makna dari kata baper ini memang berhubungan dengan perasaan atau hati.

Arti Kata Baper Menurut Bahasa Gaul Anak Jaman Sekarang

Jadi bayangan teman-teman bener juga. Baper bukan sebuah kata singkatan “Bawa Perasaan” saja akan tetapi memiliki rasa yang mendalam sekali, duh jadi baper hehe. Lah emang kenapa sih? Jawabannya adalah karena kata baper merupakan sebuah kata yang bersangkutan dengan hati. Terus pengertian dari Baper yang lebih rinci dan jelas itu apa dong? Ok jadi…

Arti Baper (Bawa Perasaan) Singkat dan Lengkap

Baper (Bawa Perasaan) adalah sebuah suasana hati seseorang (baik cowok maupun cewek) pada waktu tertentu yang mana diakibatkan karena melihat ataupun mendengar suatu kejadian dimana kejadian itu mampu menyentuh hati seseorang tersebut untuk ikut merasakannya.

Atau justru baper sering kali dialami orang yang mengalami sebuah kejadian itu sendiri. Setiap yang ada di dunia ini tentu ada dua sisi yang berbeda, yakni positif dan negatif. Begitu juga dengan sikap baper ini juga tidak bersifat buruk saja tetapi bisa juga bersifat kebaikan atau sebuah kebahagiaan.

Duh makin muter-muter aja nih pembahasan. Pakai bahasa yang mudah dipahami sama manusia normal dong min wkwk. Yaudah deh, jadi bahasa gampangnya baper itu sebuah rasa yang ada di dalam hati kamu ketika menilai atau merasakan tentang suatu hal.

Dimana baper ini bisa bersifat sedih, bahagia, menangis, tertawa, marah dan lain sebagainya sesuai kedaan real time atau saat itu juga. Dengan bahasa yang lebih singkat lagi sih, baper adalah susana hati seseorang ketika menanggapi sesuatu. Berikut ini untuk ulasan dan penjelasan lebih lengkapnya, selamat membaca:)

Penyebab Baper

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, pada dasarnya baper terjadi bisa saja hanya karena masalah sepele saja. Ya, memang baper ini sebenarnya merasakan atau menganggap suatu masalah yang sepele menjadi serius dan mendalam sehingga nampak menjadi begitu serius.

Artinya adalah masalah yang sebenarnya tidak serius bahkan hanya bercanda saja bisa menjadi serius atau terlalu berlebihan dalam menanggapi hal tersebut sampai masuk ke dalam hati atau perasaannya. Terus penyebabnya orang bisa baper itu apa sih?, jawabannya simpel banget, tidak bisa dipungkiri lagi kalau sebuah masalah tidak mungkin terjadi mungkin tidak ada penyebabnya.

Baper bisa saja terjadi dikarenakan orang tersebut sedang mengalami banyak masalah dalam hidupnya lalu menyangkut dengan hal atau masalah yang sebenarnya sepele tadi. Penyebabnya juga bisa karena suasana hatinya sedang tidak mood, mager dan sebangainya. Selain itu, baper juga bisa terjadi   karena sedang seseorang tersebut sedang memendam masalah.

Dampak yang Ditimbulkan  Jika Seseorang Baper

Kalau ada penyebab tentunya ada juga dampak atau akibat yang ditimbulkan dalam setiap hal. Ketika seseorang baper maka mereka bisa bertindak di luar kendali. Mereka bisa menuruti apa kata hati dan perasaannya baik itu untuk berbuat baik, jahat, semangat ataupun malas. Namun untuk dampak bagi anak jaman sekarang sudah kami rangkum menjadi 2 bagian seperti berikut :

Dampak Negatif Baper

  • Males beraktivitas sehari-hari misalnya murung di kamar sendirian dan lain-lain.
  • Terus mengeluh dan menyalahkan dirinya atas segala sesuatu yang terjadi kepadanya.
  • Enggan atau sulit untuk menerima sesuatu hal yang terjadi pada orang yang sedang baper.
  • Akan dengan mudah juga untuk menyalahkan orang lain.

Dampak Positif Baper

Sekali lagi saya katakan di sini bahwa baper juga memiliki sisi positif untuk orang yang merasakannya. Karena baper juga sesuai dengan keadaan yang dialami, maka kalau hal yang dialami menyenangkan atau membahagiakan ya bakal bikin dampak yang positif juga untuk dirinya. Berikut ini 4 (empat) manfaat dari Baper.

  • Menambah semangat pada diri sendiri
  • Merasakan apa yang orang lain rasakan
  • Peduli dengan orang lain
  • Selalu berbaik sangka pada orang lain

Bagaimana Cara Mengatasi Baper

Kalau kamu sering baper tapi dalam hal negatif maka kamu wajib mengubah diri agar rasa baper itu tidak akan menjatuhkanmu. Hal itu juga dikarenakan baper jika dalam hal negatif akan berdampak sangat tidak baik bagi diri kamu baik secara batin ataupun jasadi.

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa cara untuk mengatasi Baper yang sewaktu-waktu bisa dialami oleh siapa saja. Bisa mungkin saya atau juga kamu, hehe. Kamu bisa rasa baper yang bikin males, patah semangat dll menjadikan hidupmu lebih berwarna lagi. Simak baik-baik empat tips mengatasi Baper seperti berikut ini ya sobat.

1. Jangan terlalu menganggap segala sesuatu dengan serius, pandai-pandailah melihat waktu. Kalau lagi bercanda sama temen, keluarga, saudara atau lainnya ya di bawa Happy saja. Itu semua hanya lelucon untuk hiburan saja, tidak bermaksud untuk menyakiti perasaanmu.

2. Teruslah belajar untuk menerima dirimu sendiri apa adanya. Ini mungkin caranya simple banget tapi bisa memberikan impact yang besar untukmu. Dengan mau menerima keadaan diri kamu seperti apapun kondisinya maka kamu tidak akan mudah Baper atau terbawa suasana.

3. Berusahalah untuk bergaul dengan orang-orang baik. Lingkungan bisa sangat menentukan keadaan dirimu, apalagi kalau kamu gampang banget Baper. Jika orang baik dia akan selalu mendukungmu untuk menjadi lebih baik tanpa banyak alasan. Sedangkan orang yang ingin menjatuhkanmu akan selalu siap dengan hujatan.

4. Belajar dan berusahalah untuk tidak mudah suasana. Jika kamu memang tipe orang yang mudah terbawa situasi atau bahasa gaulnya Baperan. Jika orang lain membicarakan tentang hal-hal buruk tentangmu maka kamu harus berkaca diri apakah yang mereka katakan benar? Kalau memang benar ya kamu harus segera instropeksi diri untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi, Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Penelusuran yang terkait Keyword dengan Arti Baper di Google

Berikut ini adalah beberapa kata kunci populer yang paling sering di cari para pengguna saat mengakses internet saat ini.

  • arti baperan
  • apa arti baper dan caper
  • arti baper dan melting
  • arti kata baper anak jaman sekarang
  • arti gabut di wa
  • arti mager di wa
  • gabut itu apa sih artinya
  • arti kepo
  • arti kata baper anak jaman sekarang
  • arti kata baper di kalangan remaja

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian kata baper. Semoga bisa ngasih pencerahan buat sobat semua ya, hiya hiya. Semangat hidup dan berbahagia sobat :v

One thought on “Arti Kata Baper Menurut Bahasa Gaul Anak Jaman Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *