Cara Membuat Artikel Page One Di Google

Cara Membuat Artikel Page One di Google – Menjadi blogger yang mengelola blog/website baik dengan platform blogger/wordpress dengan domain gratis/top level domain (berbayar) dengan postingan artikel yang berada di halaman pertama pada hasil pencarian Google adalah suatu impian yang selalu di-inginkan baik blogger pemula ataupun profesional.

Cara Membuat Artikel Page One

Para blogger akan bersaing dengan menggunakan berbagai cara membuat artikel masuk halaman pertama misalnya sewa domain dan hosting, bertukar back link dengan blogger lain, meng-iklankan blog/website ke google adwords dan lainnya.

Setelah saya upload postingan Cara agar Artikel Blog/Website Masuk Halaman, banyak dari rekan blogger yang baru belajar seperti saya juga alias newbie bertanya.

“Gimana sih kak biar bisa masuk halaman pertama google, apa jumlah kata harus lebih dari 1500, pasang back link, pakai TLD, pakai gambar yang bebas copyright?”
“Bisakah blog/website gratisan seperti blogspot masuk ke halaman pertama?”

……..dan masih banyak lagi pertanyaan yang kurang lebih meminta tutorial Cara Membaut Artikel Page One atau halaman pertama Google..

Agar masuk halaman pertama SERP Google ada banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari taruh keyword di 100 kata pertama, masukan gambar dengan ALT kedalam artikel dan buat artikel se-unik mungkin karena untuk masuk halaman teratas google otomatis postingan kita harus sesuai dengan kriteria yang disukai Google.

Nah berarti sobat paham dong kalau ingin mengetahui cara membuat artikel page one maka kita harus membuat artikel yang disukai Google.

Tidak bisa dipungkiri saat ini kualitas konten memang menjadi faktor penting dalam SEO (Search Engine Optimazion). Di sisi lain backlink yang kita tahu selama ini menjadi faktor utama peringkat mesin pencari semakin lama mulai berkurang perannanya untuk masuk halaman pertama google.

Langsung saja kita bahas cara membuat artikel page one….

Cara membuat artikel page one yang disukai oleh Google

Nah langsung saja di sini saya ingin berbagi kepada sobat blogger yang mungkin penasaran, “seperti apa sih artikel yang disukai google?” Di bawah ini adalah daftar hal-hal yang bisa sobat lakukan untuk membuat artikel di blog sobat lebih diskuai google atau SEO friendly dan mendapatkan peringkat yang bagus khususnya target masuk page one.

1. Letakan keyword pada judul artikel

Hal paling dasar yang saya rasa kebanyakan dari sobat blogger sudah mengetahuinya, yaitu dengan meletakan kata kunci pada judul artikel. Usahakan untuk meletakan keyword pada bagian depan atau kata pertama pada judul lalu diikuti kata-kata yang dapat menarik calon pembaca.

Misalnya kita memiliki keyword Cara Membuat Blog Baru, nah itu adalah contoh keyword yang akan kita bahas.

Selanjutnya kita akan menentukan judul terbaik untuk artikel tersebut, pilihan judul yangmungkin akan dipakai misalnya

Cara Membuat Blog Baru

Cara Membuat Blog Baru Di Blogger

Cara Membuat Blog Baru Di Blogger Dengan Langkah Mudah

Semisal ada kita sebagai calon pembaca yang sedang mencari informasi tersebut mau pilih judul yang mana?

Kalau saya sih lebih suka yang pilihan nomor 3, alasannya karena selain ada keyword yang kita cari juga ada embel-embel yang menarik bagi kita untuk membacanya khususnya pada kata Dengan Langkah Mudah.

Jika ketiga judul tersebut bersaing dalam halaman pertama tentunya postingan dengan judul nomor tiga akan memiliki peluang untuk mendapatkan pengunjung lebih besar.

Cara Membuat Artikel Page One di Google

2. Letakan keyword pada URL

Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah dengan meletakan keyword pada URL postingan artikel. Untuk hal ini sobat tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, URL artikel akan menyesuaikan dengan judul artikel secara otomatis namun saya merekomendasikan untuk membuat keyword pada URL sendiri.

Misalnya kita ambil keyword seperti pada pembahasan nomor satu diatas. Setelah judul sudah kita tentukan yaitu Cara Membuat Blog Baru DiBlogger Dengan Langkah Mudah.

Selanjutnya buat URL dengan keyword empat kata pertama dari artikel tersebut, posisinya dibelakang domain seperti berikut ini

https://wahyukode.com/cara-membuat-blog-baru/

Dengan begitu kans kita untuk meraih halaman pertama google akan semakin besar.

3. Letakan keyword pada meta description

Mungkin untuk hal ini tidak akan berpengaruh banyak tapi meletakan keyword pada meta description dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog sobat pada search engine google, yahoo, bing dan lainnya. Cara memasang meta deskripsi juga sangat mudah, sobat blogger cukup menulis seperti biasa menulis artikel. Bagi sobat pengguna blogger silakan bisa dibaca postingan ini : Cara Memaksimalkan SEO Blog.

4. Letakan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel

Jumlah kata kunci atau keyword density dalam sebuah postingan menurut saya tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel.

Semakin awal semakin bagus karena robot google biasanya hanya akan merambah artikel pada 100 kata pertama. Namun bukan berarti sobat boleh menumpuk keyword pada 100 kata pertama artikel tersebut, Algoritma google semakin lama semakin ketat, bisa-bisa malah menurunkan ranking hingga anjlok ke dasar jurang wkwkwk 😊

5. Artikel lebih panjang lebih bagus

Panjang artikel sebaiknya mencapai 600 kata atau lebih banyak lebih bagus karena Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail.

Bahkan meurut riset rata-rata panjang kata pada artikel yang masuk ke halaman pertama google memiliki jumlah kata sebanyak 2400 lebih.

Artikel yang lebih panjang daripada kompetitor biasanya akan dianggap Google lebih berbobot sehingga akan lebih berpotensi masuk halaman pertama namun dengan catatan juga pesaing harus memiliki kualitas dibawah kita baik dari segi jumlah kata ataupun yang lainnya.

Lihat saja situs bernama strukturkode.blogspot.com, meski berdomain hosted alias gratis namun blog tersebut bisa bersaing dengan blog dengan domain berbayar. Rata-rata jumlah kata mereka mencapai 1500 kata per artikelnya.

Tetapi sobat blogger jangan memaksakan untuk menulis kata dalam artikel sebanyak-banyaknya, utamakan informatif dan pesan dalam tulisan dapat tersampaikan ke pembaca.

Artikel yang memiliki banyak kata namun hanya muter-muter ke satu hal saja akan membuat pembaca sulit untuk memahami informasi yang dicari yang berakibat fatal yaitu pembaca akan keluar dari artikel kita dan mencari sumber dari blogger yang lain dengan informasi yang mudah untuk dipahami.

Cara Membuat Artikel Page One di Google

6. Pasang gambar yang relavan

Apapun topik artikel yang sobat bahas sebisa mungkin untuk memasang gambar yang sesuai dengan topik pada postingan artikel. Satu gambar saja cukup, namun lebih banyak lebih baik. Hal paling penting yang tidak boleh dilupakan saat memasang gambar adalah memasang ALT Atribut pada setiap gambar yang dipasang, menurut saya ini termasuk SEO untuk artikel tersebut.

7. Pasang video yang relavan

Bukan sebuah keharusan, tapi jika memungkinkan pasang juga video yang relavan pada artikel blog sobat agar dapat memberikan nilai tambah pada optimasi SEO untuk masuk ke halaman pertama. Namun saya sarankan untuk tidak memasang banyak video dalam satu artikel dikarenakan akan membuat loading yang semakin lelet apalagi jika koneksi internet sedang buruk. Keadaan tersebut akan memperparah keadaan. Kalau tidak terlalu penting lebih baik tidak perlu memakai video, atau pilihan solusi terbaik adalah dengan memasang link yang akan mengarah ke video misal youtube ataupun yang lainnya.

8. Gunakan bullet point atau tabel

Jika artikel sobat menampilkan daftar sesuatu baik data dan lain sebagainya maka lebih baik untuk menggunakan bullet point atau tabel ketimbang menggunakan text biasa atau gambar. Misalnya mengenai informasi spesifikasi dan harga barang supaya lebih rapi

9. Pasang internal link

Memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari dan juga pembaca menjelajahi isi blog kita sehingga rasio klik tayang kita akan menjadi lebih baik dengan bertambahnya pengujung ke blog/website kita.

Sobat blogger bisa memasang artikel blog yang sesuai dengan topik secara manual ataupun otomatis. Namun kalau saya sendiri lebih suka yang manual karena bisa sesuai dengan keinginan kita, yah walaupun kita harus sedikit repot menulis sih. Tapi semua tergantung dari kemauan sobat blogger sendiri.

10. Jangan lupa external link

Banyak yang bilang bahwa memasang link keluar hanya akan mengurangi kualitas artikel, padahal kenyatannya malah semakin mengoptimalkan SEO pada artikel kita. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah artikel di blog sobat blogger, asalkan… :

  • Memasang link keluar yang relavan/sesuai dengan topik yang dibahas
  • Menggunakan atribut nofollow bukan dofollow
  • Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text/seperti teks biasa saja
  • Memasang link ke blog/situs otoritas khususnya website yang sering dicari pembaca (contoh: Wikipedia)

Langkah non-tekniss agar artikel masuk page one :

  1. Buatlah waktu loading artikel secepet mungkin.
  2. Hal wajib yang harus dilakukan lainnya adalah mendaftarkan artikel ke google webmaster baik mendaftarkan sitemap ataupun satu per satu artikel dengan metode fetch as google.
  3. Pakai domain TLD (Top Level Domain) akan membuat google melihat kita lebih serius
  4. Jangan terlalu cepat menyimpulkan, andai artikel tidak langsung masuk ke halaman pertama maka jangan langsung berputus asa. Sukses itu butuh proses bukan banyak protes wkwkwk.

Disukai Google itu bagus sih, akan tetapi disukai oleh pembaca is number one

Kebanyakan blogger yang berusaha membuat artikel agar disukai oleh google melupakan tujuan utama kenapa mereka membuat artikel, bacalah pesan dari google kepada blogger berikut

Buatlah artikel untuk pembaca bukan spider (mesin perambah google)

Jadi disini saya ingin mengingatkan kepada sobat bloggger bahwa disukai oleh google itu bagus, tapi yang paling utama adalah artikel sobat disukai oleh pembaca. Tulislah artikel yang benar-benar pembaca sobat butuhkan dan pastinya harus informatif dan bermanfaat.

Kesimpulan…

Menurut saya membuat artikel yang disukai oleh google boleh dibilang bukanlah hal yang begitu sulit. Hal selanjutnya yang bisa sobat blogger lakukan adalah mempromosikan artikel blog sobat di media sosial atau tempat-tempat lain agar semakin banyak yang membacanya tetapi jangan sampai melakukam spam, itu akan membuat image buruk bagi blog/website sobat. Jadi jangan melulu mengandalkan Google dan selamat mencoba.

Akhir Kata

Motivation Quote

Merry Riana : Jangan terbang ketika mendapat pujian dan jangan pula tumbang karena celaan, teruslah bersemangat untuk menggapai cita-citamu.

Apabila masih ada kekurangan ataupun hal yang belum tertulis di artikel Cara Membuat Artikel Page One di google ini dan jika sobat yang masih ingin bertanya / memberi kritik dan saran bisa memberikan aspirasinya lewat kolom komentar ataupun lewat kontak yang tersedia dimenu kontak.

Semoga dengan sedikit kiat yang telah mimin bagikan diatas untuk sobat bisa bermanfaat dan bisa menjadi sumber pembelajaran yang menambah pemahaman mengenai artikel Cara Membuat Artikel Page One di Google Langkah Mudah dan Cepat.

Sekian karya kecil dari kami ini , apabila ada kelebihan datangnya dari Allah SWT semata dan jika banyak kesalahan itu datang dari kami , semoga bermanfaat & terima kasih telah berkunjung juga jangan lupa belajar hari ini 😊.

Bisa dilihat juga subdomain kami blog.wahyukode.com

17 thoughts on “Cara Membuat Artikel Page One Di Google

  1. Kumplit plit plit, sebagian sudah saya usahakan untuk diterapkan di blog , kecuali domain TLD ..blokcepot uye!!! Hahhaha (nanti akan migrasi ke TLD pada waktunya)😂

  2. Gan kadang meta description itu bisa tampi di bawah judul tapi kadang gk tampil,,itu bagaiamana ya ngaturnya biar meta description yg kita buat selalu tampil dalam setiap artikel ketika sudah terindeks google

    1. Yang penting diisi saja saat upload artikelnya, setelah submit ke webmaster biar jadi urusan mbah Google 🙂

  3. Sudah ane terapkan mas, tapi perah nongkrong di halaman pertama google kwkekkek yg penting sudah berusaha,

    Naaya lagi apakah boleh menedit artikel lama dg memasukkan kata kunci, soalnya dulu belum paham SEO

    1. Boleh dong, tapi usahakan penyebaran kata kunci dilakukan dengan bahasa natural. Jangan banyak-banyak juga, taruh 2 sampai 3 kunci dalam satu artikel sudah cukup. Semoga bisa membantu & bermanfaat 🙂

  4. Wah bagus trimakasih gan masih berusaha
    semoga suatu saat ada tulisan yg masuk di halaman pertama google hehe
    masak tulisan q kok kayak kuburan sepi mampring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *