√ Cara Membuat Donat Kentang Sederhana dan Praktis, Super Lembut dan Enak

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana dan Praktis – Mau bikin donat kentang sendiri dirumah atau di google cari resep bikin donat kentang sederhana untuk dijual yang praktis dan anti gagal ? Disini wahyukode membuat artikel tentang cara membuat donat kentang sederhana juga praktis dan mudah dibuat dirumah dengan bahan-bahan seadanya tapi dengan hasil istimewa.

Hasil Donat Kentang yang Super Lembut

Resep donat goreng kali ini dibuat dengan ragi merk fermipan dan sebenarnya ada donat tanpa ragi. Tapi untuk kesempatan ini kita pakai ragi supaya adonan donat bisa mengembang ya. Bahan-bahan untuk membuat kentang ini juga sangat sederhana dan bisa dengan mudah didapatkan disekitar kita.

Membuat donat dengan bahan-bahan seadanya dengan hasil istimewa, super lembut dan super enak. Berikut ini bahan yang harus kita siapkan untuk membuat donat kentang sederhana. Insyaallah anti gagal, berhasil membuat donat empuk yang enak banget pokoknya :v

Bahan-Bahan Pembuatan Donat Kentang Sederhana :

  1. 16 Sdm Tepung Terigu
  2. 40 Gram Kentang Kukus Haluskan (atau 2 Sdm saat sudah halus)
  3. 2 Sdm Gula Pasir
  4. 2 Sdm Susu Bubuk
  5. 1 Butir Kuning Telur
  6. 1 Sdt Ragi Instan (Saya pakai merk Fermipan)
  7. Vanilli Secukupnya
  8. 4 Sdm Air Hangat
  9. 2 Sdm Mentega/Margarin/Butter
  10. Topping Sesuai Selera, tidak pakai juga tidak masalah

Langkah Cara Membuat Donat Sederhana dan Praktis :

1.. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong kentang. Tips memilih kentang yang berkualitas baik adalah kentang yang berwarna putih, semakin putih semakin baik menurutku. Kalau yang berwarna putih itu tidak terlalu bau sayuran, rasanya tawar tapi ada gurih-gurihnya gitu. Potong agak kecil-kecil ya guys….

2. Rebus atau boleh juga kukus irisan kentang tersebut sampai tekstur kentang lunak

3. Kemudian haluskan kukusan kentang tersebut, bisa pakai garpu hingga halus. Kalau kentang yang putih tadi mudah halus, jadi kalua bisa pakai kentang yang berwarna putih.

4. Selanjutnya campurkan tepung terigu, susu bubuk (jika perlu), lalu juga gula pasir sesuai takaran (atur tingkat kemanisan sesuai keinginan), vanili bisa pakai yang cair ataupun bubuk dan jangan lupa kentang yang sudah dihaluskan tadi juga kuning telur satu saja.

5. Jangan lupa untuk menambahkan ragi ke dalam adonan, kemudian aduk adonan tersebut sampai tercampur rata

6. Setelah tercampur rata tambahkan butter (disini saya pakai merk blue band), uleni pakai tangan selama kurang lebih 15 menit sampai adonan menjadi lentur

7. Sekarang kita bentuk donatnya, taburi talenan dan loyang dengan tepung kering biar tidak lengket. Lalu ambil adonan lalu bentuk bulat mungkin sekitar 40 gram. Lalu pipihkan bulatan adonan tersebut, agak pipih saja yak arena nanti hasilnya juga akan mengembang. Untuk melubangi bagian tengahnya cukup tekan bagian tengahnya dengan tutup botol air mineral.

 8. Diamkan donat dalam Loyang tadi selama satu jam, jangan lupa menutup loyangnya bisa pake serbet atau ditutup Loyang juga tidak apa-apa. Setelah satu jam maka donat akan mengembang. Dan donat akan mengembang lagi ketika digoreng nanti.

9. Goreng donat dengan api kecil, atur api kompor sekecil mungkin hingga api tidak menyentuh wajan biar donatnya matang dan mengembang sempurna.

10. Untuk topping bisa pakai coklat batang, disini saya tambahkan mentega biar ekonomis dan jadi banyak. Bisa pakai coklat saja juga tidak masalah. Kemudian panaskan diatas air mendidih atau bisa dimasukan ke magic com / magic jar yang penting sampai coklatnya mencair.

11. Tinggal oleskan topping tersebut ke donat. Bisa juga pakai gula bubuk untuk toppingnya, pokoknya sesuai selera Sobat lah :v

Penutup

Sekian tutorial cara membuat donat kentang sederhana dan praktis yang dapat saya sampaikan. Insyaallah donatnya super lembut super enak pokoknya. Bila banyak kurangnya saya mohon maaf. Kritik saran bisa Sobat sampaikan di kolom komentar atau kontak yang tersedia baik Whatsapp ataupun Email. Semoga membantu dan selamat mencoba, pasti langsung berhasil. Akhiru kalam Wassalamu’alaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *