√ Cara Transfer / Kirim Uang Lewat Pos Indonesia Tanpa Rekening

Kirim Uang Lewat POS – Taukah kamu gimana sih cara kirim atau transfer uang via kantor POS Indonesia tanpa rekening? Tak sedikit orang yang masih mengirimkan uang untuk saudara, anak dan lainnya yang berada di luar kota menggunakan jasa kirim POS ini.

Cara Transfer / Kirim Uang Lewat Pos Indonesia Tanpa Rekening

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memilih cara mengirim uang lewat POS ini.  Kebanyakan diantaranya adalah karena mau transfer ke bank atau lewat ATM (Mobile banking dan SMS banking) tapi belum sempet buat rekening.

Baca juga : Cara Transfer Uang dari Bank BRI ke Bank BCA, Langsung Berhasil Kirim

Langsung saja kita masuk ke topik utama, pada postingan kali ini Wahyukode.com akan membagikan tutorial cara kirim uang lewat POS Indonesia yang benar.

Cara Transfer / Kirim Uang Lewat Pos

Perlu diketahui bahwa kantor pos juga mempunyai jasa pengiriman uang yang dikenal dengan Weselpos. Pengiriman dengan Weselpos ini terbukti aman dengan banyak sekali transaksi yang pernah dilakukan nasabah serta tidak perlu nomor rekening dalam syarat pengirimannya.

Syarat kirim uang lewat kantor pos hanya KTP atau SIM pengirim dan data lengkap penerima seperti nama penerima, alamat dan kode pos.

Berikut adalah langkah demi langkah cara transfer atau kirim uang lewat POS Indonesia (Weselpos).

  1. Pertama sudah pasti karena mau kirim/transfer uang lewat pos tentu kamu harus pergi ke kantor POS terdekat di daerahmu.
  2. Kemudian kalau sudah di kantor pos bilang saja ke petugas pos jika kamu ingin mengirim uang. Terus petugas seharusnya akan tanya ke kamu mau menggunakan layanan yang mana. Tinggal katakan saja dengan memilih “WESELPOST INSTAN”.
  3. Lalu isikan formulir pengiriman uang yang diberikan petugas ke kamu. Dan setelah itu Isi dengan benar dengan data validmu  sesuai instruksi formulir. Data yang harus kamu tuliskan yakni nama pengirim (namamu), alamat pengirim (alamatmu), nama penerima, alamat penerima-sesuai domisili (KTP/KK) dan jumlah uang yang hendak dikirim.
  4. Periksa lagi formulirnya apakah data yang dimasukan sudah benar semua, jika sudah tinggal kamu tanda tangani lalu serahkan formulir tersebut beserta nominal uang yang hendak di kirim kepada petugas pos.
  5. Tinggal kita tunggu proses yang dikerjakan petugas kantor pos.
  6. Kalau sudah maka kamu akan diberi slip tanda bukti transaksi beserta PIN (sandi) dan NTP (Nomor Transaksi Pusat) dari petugas. Dimana PIN dan NTP  (Nomor Transaksi Pusat) yang nantinya digunakan penerima untuk mengambil uangnya.
  7. Jangan lupa untuk kasih info kepada penerima mengenai no PIN dan NTP supaya uangnya bisa diambil orang yang kamu kirimi uang haha.

Berapa Biaya Transfer / Kirim Uang Di Kantor POS

Seperti halnya jasa pengiriman uang lainnya misalnya lewat ATM, Alfamart, Indomaret dan jasa pengiriman uang yang lain. Di kantor pos juga ada biaya admin yang mesti kamu bayarkan sebagai bentuk imbalan jasanya.

Jadi kamu harus membawa uang lebih dari uang yang akan kirimkan. Nah, berikut ini merupakan biaya admin kirim uang lewat kantor pos Indonesia yang harus dibayar.

  • 0 s.d Rp. 200.000  biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 15.000
  • Lebih dari Rp.200.000 s.d Rp. 1.000.000 biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 27.000
  • Lebih dari Rp. 1.000.000 s.d Rp. 5.000.000 biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 27.000
  • Lebih dari Rp. 500.000 s.d Rp. 10.000.000 biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 30.000
  • Lebih dari Rp. 10.000.000 s.d Rp. 15.000.000 biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 35.000
  • Lebih dari Rp. 15.000.000 s.d Rp. 20.000.000 biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 45.000
  • Lebih dari Rp. 20.000.000 s.d Rp. 25.000.000 biaya admin yang harus dibayarkan ialah Rp. 55.000

Memang masih jauh lebih mahal daripada transfer lewat bank dimana kalau di bank paling hanya Rp. 6500 kalau beda bank sedangkan kalau bank pengirim dan penerima malah gratis. Namun dengan pelayanan dan kemudahan yang disediakan Weselpos ini juga bisa dibilang murah dan masih terjangkau.

Cara Ambil Uang Kiriman dari Kantor Pos

Terus jika uang sudah berhasil transfer, lantas bagaimana cara penerima mengambil uang kirimannya?

Cara mengambil uang transfer di kantor pos juga gampang kok dimana kamu tinggal mengumpulkan fotocopy KTP 2 lembar dan tuliskan nomer PIN dan NTP di kertas.

Tinggal kamu bawa saja ke kantor pos terdekat lalu berikan kertas dengan tulisan no PIN dan NTP beserta photocopy ktp mu sebagai penerima.

Tunggu sebentar proses yang sedang dikerjakan petugas kantor pos, jika sudah selesai maka uang pun sudah bisa kamu ambil.

Penutup dan Kesimpulan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, sebenarnya mengirim menggunakan jasa Weselpos di kantor pos sangat mudah untuk dilakukan karena kita tinggal mengisi formulir dan proses sudah dikerjakan petugas pos. Sebagai alternatif jika tidak bisa kirim uang lewat bank, Weselpos bisa menjadi solusi alternatif yang dapat diandalkan.

Pencarian Populer terkait Kata Kunci Artikel

  • Cara Transfer Uang Lewat Kantor Pos Ke Rekening Bank
  • Biaya Kirim Uang Lewat Pos
  • Kirim Uang Lewat Jne
  • Kirim Uang Lewat Alfamart
  • Pos Indonesia
  • Cara Kirim Uang Tanpa Rekening
  • Wesel Pos Adalah
  • Kantor Pos Terdekat

Demikian cara transfer uang lewat Kantor pos (Weselpos) dengan mudah dan cepat tanpa nomor rekening. Kritik saran maupun request artikel perbankan bisa kamu ungkapkan di kolom komentar maupun kontak yang tersedia.

Sekian yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaklumi dan kami tunggu koreksinya. Wassalamu ‘alaikum Wr Wb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *