√ Contoh Simbiosis Komensalisme Lengkap Beserta Penjelasannya

Contoh Simbiosis Komensalisme – Simbiosis adalah interaksi yang terjadi antara makhluk hidup berbeda jenis dalam satu tempat dan waktu tertentu dimana hubungan keduanya sangat erat. Secara bahasa, kata simbiosis sendiri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 (dua) kata yaitu “sym” yang berarti “dengan” dan juga “biosis” yang artinya “kehidupan”.

Contoh Simbiosis Komensalisme dan Penjelasannya

Pada postingan kali ini Wahyukode.com akan membagikan postingan tulisan tentang beberapa contoh hubungan simbiosis komensalisme antara hewan-hewan di alam. Langsung saja, berikut adalah contoh interaksi simbiosis komensalisme lengkap dengan penjelasannya dari masing-masing contoh.

Contoh Simbiosis Komensalisme dan Penjelasannya

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup dimana kondisi yang terjadi yaitu makhluk hidup pertama mendapatkan keuntungan dari hewan yang pertama  sedangkan makhluk hidup yang  kedua tidak mendapatkan keuntungan sama sekali serta tidak di rugikan atas interaksi tersebut.

Contoh hubungan simbiosis komensalisme berikut ini sudah kami berikan penjelasannya juga. Selamat membaca, belajar, dan mudah-mudahan bisa membantu sobat semua untuk mengerjakan PR, belajar persiapan ujian ataupun tugas sekolah.

Hubungan Ikan Remora (Echenida sp) dengan Ikan Hiu (Carcharhinus longimanus)

Sahabat belajar semua kalau pernah lihat ikan hiu berenang baik di acara siaran TV, youtube atau lainnya pasti melihat banyak ikan kecil yang berenang mengikuti ikan hiu kan? Nah ikan-ikan kecil itulah yang bernama ikan remora.

Ikan-ikan kecil remora yang berenang di samping ikan hiu memperoleh sisa-sisa makanan (sebut saja remahan atau remukan makanan dari ikan hiu). Selain itu ikan remora juga mendapatkan keuntungan lain dari hubungan interaksi ini, misalnya mendapat perlindungan ikan hiu untuk menghindari ikan yang menjadi  predator remora.

Sedangkan ikan hiu sendiri memang tidak mendapatkan keuntungan dari kehadiran ikan remora di sekitarnya, namun ikan hiu juga tidak merasa terganggu dengan kedatangan ikan remora. Inilah yang menjadi alasan mengapa hubungan simbiosis ini masuk ke dalam kategori simbiosis komensalisme.

Hubungan Antara Tumbuhan Anggrek (Phalonopsis Betle) Dengan Batang Pohon Tinggi

Dalam hubungan interaksi ini tumbuhan anggrek memperoleh keuntungan berupa lebih mudah mendapat cahaya matahari karena berada di pohon yang tinggi. Di sisi lain pohon yang tinggi juga  tidak dirugikan serta tidak pula mendapatkan keuntungan dengan keberadaan tanaman anggrek tersebut.

Simbiosis Antara Tanaman Tanduk Rusa Yang Hidup Pada Tanaman Jati (Tectona Grandis)

Pada hubungan simbiosis ini tanaman tanduk rusa mendapatkan keuntungan karena bisa hidup dengan cara menempel pada pohon jati. Sedangkan pohon jati sendiri tidak dirugikan dengan keberadaan tanaman paku karena dengan keberadaan tanaman tanduk rusa juga tidak akan mempengaruhi pertumbuhan pohon jati.

Sehingga kondisi yang terjadi di sini yaitu tanaman paku tanduk rusa diuntungkan karena mandapat tempat tinggal sedangkan pohon jati tidak mendapat keuntungan serta tidak pula dirugikan.

Tanaman Sirih (Piper Betle) Yang Menempel Pada Inangnya

Tanaman sirih atau nama latinnya Piper betle yang menempel pada inangnya juga termasuk ke dalam contoh simbiosis komensalisme. Tanaman siri hidup menempel dan melilit mengikuti tanaman inangnya mendapatkan keuntungan karena mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga proses fotosintesis berjalan lancar.  

Sedangkan tanaman inang pun juga tidak merasa dirugikan dan tidak diuntungkan karena adanya tanaman sirih yang bertempat tinggal diinang.

Simbiosis Hubungan Antara Ikan Badut Dengan Anemon Laut

Kalau dengar nama ikan badut pasti langsung teringat dengan tokoh kartun bernama Nemo kan?. Ikan badut atau bahasa latinnya Amphiprion percula melindungi diri dari predatornya di lautan dengan cara bersembunyi di antara tentakel-tentakel anemon laut.

Anemon atau bahasa latinnya Stichodacryla gigantea adalah  tumbuhan laut yang bisa mengeluarkan zat beracun namun racun tersebut tidak menimbulkan efek apapun terhadap ikan badut yang bersembunyi di dalamnya. Itu dikarenakan kulit ikan badut mampu  mengeluarkan pelindung berupa lendir.

Hubungan interaksi yang terjadi adalah Ikan badut mendapat keuntungan karena terlindung dari hewan laut lain yang mengancamnya atau hendak memangsanya, sedangkan anemon sendiri juga tidak dirugikan ataupun diuntungkan dengan keberadaan ikan badut di sekitarnya.

Hubungan Simbiosis Komensalisme antara Bakteri Pembusuk Dalam Usus Manusia

Bakteri pembusuk yang hidup pada usus besar manusia menyerap zat-zat makanan yang sudah tidak dicerna oleh organ pencernaan manusia atau bisa disebut juga sisa-sisa. Bakteri yang hidup di usus manusia mendapat keuntungan karena bisa memperoleh makanan serta mendapat tempat untuk tinggal. Sedangkan usus kita yang ditumpangi tidak mendapat pengaruh apapun, artinya tidak dirugikan juga diuntungkan.

Hubungan Simbiosis antara Ikan Remora Dengan Ikan Pari

Hampir sama dengan hubungan antara ikan remora (Echeneida sp) dengan hiu (Himantura undulata). Ikan remora yang menempel pada tubuh ikan pari juga bisa memanfaatkan sirip punggung yang telah berubah menjadi pengisap.

Ketika ikan pari memperoleh makanan maka secara otomatis ikan remora juga akan mendapatkan makanan berupa sisa-sisa makanan yang menempel pada ikan pari tersebut. Sedangkan ikan pari tidak mendapatkan keuntungan serta tidak juga dirugikan dengan keberadaan ikan remora. Yah masih mirip lah dengan interaksi antara ikan hiu dan remora.

Simbiosis Hubungan Antara Ikan Goby Dengan Bulu Babi

Celah-celah bulu babi (Echenus eschulentus) yang beracun dapat menjadi tempat ikan goby bersembunyi untuk menghindari para predatornya. Sehingga ikan goby mendapatkan keuntungan akan hal itu. Sedangkan bulu babi tidak mendapatkan keuntungan dan juga tidak dirugikan akan keberadaan ikan goby di tubuhnya.

Simbiosis Komensalisme antara Udang dan Mentimun Laut

Dalam hubungan interaksi ini udang (Lysmata grabhami) mendapat keuntungan dengan  menunggangi mentimun laut. Hal itu merupakan cara udang memperoleh makanan dari sisa-sisa timun laut (Cucumaria frondosa). Sedangkan mentimun laut tidak dirugikan sekaligus tidak pula diuntungkan dengan kehadiran udang tersebut.

Hubungan Komensalisme Antara Rayap Dan Protozoa Berflagella

Interaksi komensalisme yang terjadi antara rayap dan protozoa berflagella yang hidup di dalam saluran pencernaan rayap. Sehingga pada hubungan interaksi ini, bakteri protozoa berflagella  mendapatkan keuntungan dari hal itu. Di sinilah simbiosis komensalisme terjadi.

Hubungan Komensalisme Antara Bakteri Rhizobium Sp. Dan Tanaman Kacang-Kacangan

Pada hubungan interaksi simbiosis komensalisme ini, bakteri Rhizobium sp. Dapat hidup pada sel-sel akar tanaman kacang-kacangan sehingga pada akar kacang terbentuk bintil-bintil. Nah, di dalam bintil-bintil akar tersebut, bakteri dapat mendapatkan makanan dan mengikat nitrogen dari udara bebas sehingga bakteri mendapatkan keuntungan dari hubungan simbiosis komensalisme.

Demikian contoh simbiosis komensalisme pada makhluk hidup yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat serta bisa membantu sahabat belajar semua untuk mengerjakan tugas sekolah maupun penyelesaian pekerjaan rumah dan Wassalamu ‘alaikum Wr Wb.

Penelusuran Yang Terkait Dengan Contoh Simbiosis Komensalisme di Google

  • tuliskan 3 contoh simbiosis komensalisme
  • contoh simbiosis komensalisme brainly
  • contoh simbiosis parasitisme dan komensalisme
  • contoh simbiosis komensalisme ditunjukkan oleh gambar
  • contoh simbiosis komensalisme yang merugikan inangnya
  • contoh simbiosis mutualisme
  • contoh simbiosis mutualisme komensalisme dan parasitisme
  • berilah contoh hubungan simbiosis mutualisme komensalisme dan parasitisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *